Selasa, 26 Juni 2012

Sariawan? Awas Kanker Mulut Loh..



Sariawan bukan kelainan yang mematikan namun bisa merupakan pertanda kanker mulut dan tenggorokan. "Sariawan yang tidak menimbulkan rasa sakit merupakan salah satu gejala adanya kanker mulut dan tenggorokan," kata dokter spesialis paru-paru Rumah Sakit Persahabatan Dr Achmad Hudoyo, Sp.P(K). saat menjadi pembicara dalam seminar yang diadakan PDPI beberapa waktu lalu di Jakarta.
 
Rokok adalah salah satu penyebab terjadinya kanker mulut dan tenggorokan, kata Achmad. "Zat karsinogen dan bahan-bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok, memicu terjadinya kanker pada mulut, pipi, lidah dan laring," kata dia.
 
"Pengobatan kanker mulut dan tenggorokan dapat dilakukan melalui jalan operasi, namun sangat berisiko karena dapat menghilangkan kotak suara pada tenggorokan."
 
Sariawan atau stomatitis aftosa adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka berupa bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung.  "Maka bersyukurlah bila sariawan Anda menimbulkan rasa sakit, karena itu berarti bukan kanker," ungkap Achmad.
 
sumber : Rumahbacaonline

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Menggunakan bahasa yang singkat dan sopan! Dan juga Komentarlah apabila ada yang belum anda mengerti!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More